[REVIEW] APPLE CIDER VINEGAR A.K.A CUKA APEL SEBAGAI TONER

Haiii…!

Ini adalah review skincare pertama gue. Kalo cara penyampaiannya masih kurang ok badai gitu mohon maklumin ya namanya juga pertama kali bikin review ginian huehehe (alesan aja lu gie)

Jadi gue mau review Apple Cider Vinegar as a Toner.

Haaahh..? Bukannya itu cuka ya? Itu kan buat masakan kok dijadiin toner? Apa ga bau tuh?

Mungkin itu pertanyaan-pertanyaan yang bakal terlintas di pikiran kalian ya hahaha..

Babies, Apple Cider Vinegar atau yang disingkat ACV ini emang bisa buat dressing salad atau buat masakan gitu.Tapi, ini juga bisa dijadiin toner yang bagus bangeeeeeetttt. Cuma ACV ini emang BAU BANGET guys, sumpah bau banget. Tapi ya itu, ini ok punya kalo dijaiin toner, gimana dong haha. Gue pribadi sih takjub abis ama ACV ini. Nah ini dia tampilan dari ACV yang gue pake.





ACV yang gue pake itu merek BRAGG yang ada With The Mother dan Unfiltered. Jadi ini tuh murni tanpa campuran apapun dan ini alami alias Organic.

Menurut gue, penting banget gunain sesuatu yang organik untuk skincare kita sehari-hari. Kenapa? Selain sehat dan khasiatnya bagus, ini juga bakal AMAN banget buat dipake dalam jangka waktu panjang. Beda sama yang kimia kimiaan/? Yang bikin kulit lo kinclong dalam waktu SINGKAT, iya singkat, ga lama, lo jadi cepet kinclong tapi kinclong lo juga cepet ilang. Apalagi kalo yang bikin ketergantungan gitu.. aduuh.. gue saranin yang alami-alami aja cyiiin.. lebih menjamin.

Kembali ke ACV. Udah banyak banget beauty Vlogger yang ngupas soal ACV ini, ada yang jadiin toner kaya gue gini, ada juga yang diminum, iya, diminum. Katanya sih ACV bagus buat detox tubuh gitu and I tried it. Nanti gue kasih reviewnya deh. Sekarang fokus ke toner duluu.
Bikin toner dari ACV itu gampang banget. Lo Cuma perlu sediain botol spray kosong gitu, biasanya di supermarket juga banyak yang jual. Atau kalo mau botol spray bekas parfum juga gapapa sih, asal cuci sampe bersih yaa… gue sih pake yg kaya gini spraynya


Ini juga spray bekas kok. Kalo ga salah ini bekas kangen waternya nyokap gue. Mau bekas apapun itu, yang penting cuci dulu sampe bersih yaaa.

Nah, kalo botol spraynya udah ada, lo bisa tuangin 3 sendok makan ACV ke dalem botolnya, terus lo campur pake air mineral yang udah mateng
(iyelah) sebanyak 6 sendok makan. Jadi perbandingan air putih sama ACV nya itu 2:1. Kalo lo masukin ACV 5 sendok, berarti lo masukin air putihnya 10 sendok. Abis itu kelar deh. Gampang banget kan? Terus menurut gue ini juga hemat banget, soalnya lo cuma butuh beberapa sendok doang buat beberapa minggu.

Btw, kenapa sih perlu dicampur air?

Kaya yang udah gue bilang tadi, cuka apel ini tuh bau banget nget nget.. jadi biar ga bau bau amat (walaupun tetep bau dikit) jalan keluarnya dicampurin air putih. Tenang aja, khasiatnya tetep bagus kok, toh yang dicampur juga air putih.

Terus terus.. kenapa sih ACV ini bagus dijadiin toner?

Jadi guys, sedikit cerita nih, gue itu punya bruntusan di pipi yang ganggu banget, terus gue juga punya bekas jerawat yang merah merah gitu. Ga banget kan? Nah, gue udah lebih dari dua minggu pake ACV ini dan bruntusan di pipi itu berkurang banget. Beneran. Terus bekas jerawat gue juga udah ga merah bersinar gitu, belum memudar banget sih, cuma udah ga merah merah lagi. Gue juga ngerasa muka gue jadi cerahan.

Tapi yang gue suka banget tuh ya bruntusan gue hampir punah gitu loh… jadi lebih alus deh rasanya ini pipi gue.

 atas before, bawah after.
Ini dia foto before after. Yang atas itu gue belum pake ACV yang bawah gue udah pake ACV. Dua duanya pake kamera yang sama, ga pake kamera tipu tipu, terus sama sama ga pake make up, pelembab, atau apapun pokoknya dua duanya polos dan sama sama dalam keadaan abis mandi.

ACV ini buat gue keren banget soalnya jarang ada produk yang bisa langsung klop sama kulit gue yang bawel ini. Pake produk onoh, gamau, yang inih ga cocok juga, ehh pake ACV nurut deh nih kulit. Bikin bruntusan pelan pelan hilang dari permukaan pipi wkwkwk

Sayangnya, produk yang bagus itu biasanya susah dicari. ACV ini juga ga dijual di semua mall. Susah ditemuin di Indonesia juga. Di Jogja sendiri tuh kayaknya belum ada deh.

Gue belinya juga online. Lewat instagram. Ada beberapa akun olshop yang jual ACV ini. Tapi lo kudu hati-hati ya soalnya banyak yang palsu dan ACVnya suka dicampur-campur gitu jadi ga murni lagi.

Salah dua olshop yang jual ACV di instagram itu ada @zauharacare sama @lustofbeauty dua olshop ini nawarin ACV yang share in jar gitu loh. Kalo ga salah ukuran kecilnya 60ml. Cuma menurut gue lebih hemat kalo beli yang langsung gede kaya punya gue ini ukuran 946ml. Kalo diitungin juga harganya jadi lebih murah kalo beli yang besar. Kalo yang punya gue ini harganya 220ribu belum ongkir, tapi kalo yang 60ml gitu harganya ada yang 40rb dan 50rb, sekitar segitu. Ada juga ACV yang ukurannya sekitar 400ml gitu tapi gue lupa tepatnya berapa mili yang itu. kalo yang gue punya ini, gue belinya di @zauharacare patungan sama temen kampus wkwkwk

Ini dia (+) dan (-) dari ACV menurut gue.

(+) dari ACV
+ ngilangin bruntusan cyiiin, keren banget.
+ bikin muka jadi cerah
+ ngilangin kemerahannya bekas jerawat
+ ga butuh banyak ACV buat jadi toner, hemat.
+ menurut gue sih murah, soalnya isinya banyak banget.

(-) dari ACV:
- nyarinya susah.
- bau buangeeeeetttt…

Rate dari 1-10 gue kasih 9/10

Repurchased? YES.

Segitu dulu yaa.. kalo mau tanya tanya boleh comment aja. Kasih kritik dan saran tentang review pertama gue juga BOLEH BANGET. Justru gue makasih banget kalo ada yang mau kasih saran dan kritik yang membangun.

Ok deh itu aja.. see yaaaaa /wink


Komentar

  1. Pake cuka apel buat toner tuh perih ga? Kan asem ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gam perih kok, kendalanya cuma bau bgt gk tahan sumpah baunya

      Hapus
    2. gam perih kok, kendalanya cuma bau bgt gk tahan sumpah baunya

      Hapus
  2. Setuju..soalnya aku jg pernah nyoba, cuka apelnya aku olesin ke jerawat dan manjur!! Jerawatnya kempes, sebelumny jerawatnya gede dan merah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bener nih.. Soalnya kan cuka apel itu asam ya jadi ampuh matiin bakteri jerawat. Makasih ya commentnya ☺

      Hapus
  3. Hai anonim.. Jujur aja sih pake cuka apel tuh emang agak senut senut gitu, mungkin karena muka aku ada bakterinya atau apa deh aku ga ngerti haha tapi ga sakit banget kok, cepet ilang juga rasa senut senutnya..

    BalasHapus
  4. Maaf, kalau habis pakai toner ini dibasuh pakai air lagi atau tidak ya? Trus kalau pakai merk lain apakah khasiatnya sama? Atau beda?
    Aku tertarik sama toner ini, tapi masih ragu buat beli merk lain karna merk bragg itu susah dicari. Terimakasih

    BalasHapus
  5. Maaf, kalau habis pakai toner ini dibasuh pakai air lagi atau tidak ya? Trus kalau pakai merk lain apakah khasiatnya sama? Atau beda?
    Aku tertarik sama toner ini, tapi masih ragu buat beli merk lain karna merk bragg itu susah dicari. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Efi. Sehabis pakai toner udah ga perlu bilas pake air lagi kok, simple makenya kaya pake toner pada umumnya aja. Kebetulan aku belum pernah cobain merek lain sih. Tapi menurut beberapa sumber (dari beauty blogger/vlogger) katanya beda. Soalnya kalo yg Bragg ini masih alami banget tanpa dicampur apapun dan organik. Banyak yang ber-statement kalo cuka apel yang paling cocok jadi toner itu cuma merek ini aja. Setau aku gitu. Kalo mau beli, kamu bisa cek di olshop yang udah aku sebutin di review ya. Soalnya emang bener, merek ini susah dicari di Indonesia. Semoga membantu ya jawabannya.

      Hapus
    2. Hai Efi. Sehabis pakai toner udah ga perlu bilas pake air lagi kok, simple makenya kaya pake toner pada umumnya aja. Kebetulan aku belum pernah cobain merek lain sih. Tapi menurut beberapa sumber (dari beauty blogger/vlogger) katanya beda. Soalnya kalo yg Bragg ini masih alami banget tanpa dicampur apapun dan organik. Banyak yang ber-statement kalo cuka apel yang paling cocok jadi toner itu cuma merek ini aja. Setau aku gitu. Kalo mau beli, kamu bisa cek di olshop yang udah aku sebutin di review ya. Soalnya emang bener, merek ini susah dicari di Indonesia. Semoga membantu ya jawabannya.

      Hapus
    3. Setelah memakai cuka apel, apakah kita bisa make bedak pemutih kak,contoh seperti citra hazlin ?

      Hapus
  6. Kalau misalnya habis pakai gk dicuci, misalnya mau kesekolah, masih bau gk y?
    Ini perhari pake ny brp kali y kk?
    Kira² ngerasain perbedaan yg wow bgt, brp lama?
    Hehe, aku pgn tp masih ragu² gtu, makanya nanya²��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab :
      Dicuci dong, biar gak bau..
      Kalo abis pake , mending bilas pake facial foam masing2.
      Takutnya sensitif , kan bragg ada alkoholnya. ��

      Hapus
  7. Zauharacare udah gaada ya kak? Aku cari di ig kok gaada ya?

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. ini vinegar sayang, bukan alkohol bukan lemak babi. aduh HAHAHA

      Hapus
    2. Cuka apel..mmg asem gtu y say baunya

      Hapus
    3. Cuka apel..mmg asem gtu y say baunya

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Gakbharus bragg juga karena bragg mahal sekali. Walau worth aku pakai cuka apel yg buatan indo macam tahesta atau nitri great yg pasti halal. Liat aja ingredients nya. Bisa untuk pengganti konditioner atau penghilang ketombe. Sekedar share aja. Skrg aku udah gak pake shampo lagi beralih ke soda kue dan cuka apel. Alhamdulillah ketombe ku ilang g garuk2 lagi iuhh.. Hahahah. Nih lagi pesen cuka apel lagi mau coba buat toner. Semangat

    BalasHapus
  11. Hi kak nice review, aku jg lagi pakek toner cuka apel ni dan baru pemakaian hari ke 6, tapi hasilnya udah luar biasa banget hohoho, beruntusan aku jg udah mulai ilang, jerawat dimuka cepet mateng jadi lebih cepet kempesnya, dan muka agak cerahan gitu hohoho

    BalasHapus
  12. Hi kak nice review, aku jg lagi pakek toner cuka apel ni dan baru pemakaian hari ke 6, tapi hasilnya udah luar biasa banget hohoho, beruntusan aku jg udah mulai ilang, jerawat dimuka cepet mateng jadi lebih cepet kempesnya, dan muka agak cerahan gitu hohoho

    BalasHapus
  13. Ko dari bahasanya mirip banget sama review vlog ka nanda ya https://m.youtube.com/watch?t=229s&v=ch945IgZ-e4

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. dipakai pada saat ngapain aja?

    BalasHapus
  16. Ka kalau pake toner cuka apel kan ga dibilas, kita lgsung pakr pelembap siang malam gtu boleh ga ya?

    BalasHapus
  17. Pake toner nya dalam sehari brp x? Trs proses hilang jerawat nya, pas pemakaian ke brp hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab.
      Cukup sehari 1x aja
      Kalo hilang jerawat,tergantung pemakaiannya .Harus rutin..

      Hapus
  18. Tapi aku kok perih ya mungkin karena jerawatnya yang masih baru atau gimana :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab ya..
      Mendingan stop dulu aja, takutnya gak cocok.
      Coz kalo cocok , harusnya gak perih.
      Jangan lupa, campur bragg sama air matang..
      Utk menetralisir kadar alkoholnya..
      Soalnya kulit orang , beda2 responnya..

      Hapus
    2. Kulitnya sensitif itu mb. Coba dincerin lagi cuka apelnya. Jgn terlalu pekat. Awal2 harusnya tes dulu. Buat perbandingan 1:3 atau 1:4 lama2 nanti dinaikkan kadarnya.

      Hapus
  19. Aku mau tanya bekas jerawat aku ga ilng" masih aja memerah yg ad jrwat lg muncul itu bisa ga klo.pake cuka apel? Dan reaksinya apa.aja yg di rasain? Trimaksh :-)

    BalasHapus
  20. Aku mau tanya bekas jerawat aku ga ilng" masih aja memerah yg ad jrwat lg muncul itu bisa ga klo.pake cuka apel? Dan reaksinya apa.aja yg di rasain? Trimaksh :-)

    BalasHapus
  21. Kak setelah pemakaian harus dibilah gak karna beberapa org ada yg dibilas

    BalasHapus
  22. Kalo buat Ibu Hamil boleh pake gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab yaa..
      Lebih baik jangan..
      Soalnya ada alkohol nya..
      Gak baik buat kesehatan ibu + janin..

      Hapus
  23. Kalau pemakaian baru 3 hari gitu emang belum ada hasilnya ya kak?

    BalasHapus
  24. Kak mau nanya, kira kira butuh berapa hari/minggu ya biar keliatan hasilnya? Dan knp wajahku pas pake tone cuka apel jd agak gatal gt. Apakah itu effect samping atau hanya kulitku aja yg banyak bakteri sehingga terasa sedikit gatal?:v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mau bantu jawab aja nih. Aku pake toner ini udah kira-kira 2 bulan. Aku coba foto hari pertama sama 2 minggu kemudian, kalo di aku kulitku jadi cenderung putih/cerah. Kalo rutin sih ngga gatal, aku sempet bolong bbrp hari ga pakein toner ini, hari ini aku pake agak gatel. Gatau juga sih kenapanya, tapi kulitku sih aman2 aja.

      Hapus
  25. Apakah setelah memakai cuka apel harus di bilas kak

    BalasHapus
  26. Apakah setelah memakai cuka apel harus di bilas kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab ..
      Menurut q harus, karena walaupun bragg alami..
      Tapi dia ada alkohol nya..

      Hapus
  27. Setelah memakai cuka apel, bisa gak pake bedak pemutih
    Contoh seperti citra hazlin gitu kak?

    BalasHapus
  28. Sebelumnya mukaku jerawatan, nah sekarang aku lagi pake toner cuka apel bragg ini, udah 2mingguan. Selama aku pake kok malah keluar jerawat baru ya. Apa cocok2 an gitu ? Ada yg tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sm sya jg mke udh sblanan mke ini mlh jetawat na bnyk.. Apa ngedetok ngeluafin bakteri ravun d muka kt apa gmn yh mn sy beli yg 473 ml lg yg besar.. Tolong jwb yg tau trims

      Hapus
    2. mau bantu jawab..tapi sorry kalo salah..mungkin..cuka apel yg merek itu ngga cocok buat kamu..ada org juga yg ngga cocok merek itu..aku saranin kalian beli yg merek S&W itu di kulit aku cocok bgt..aku baru pake sehari lgsg pada kempes semua jerawatnya..harganya juga murah kok..ini di luar pulau jawa harganya cmn 50.000 doang..tapi kelemahannya baunya itu nyengat banget kyk bau basi gitu..tpi mmg gitu baunya..aku rekomen sih sm kamu..terserah mau beli atau nggak..soalnya ada yg pke cuka apel merek bragg ngga cocok gejalanya yaa ngga ngaruh apa apa di kulit..

      Hapus
  29. Kak aku mau nanya, kalo pake ini nanti ada reaksi kaya di detox dulu gak kak??

    BalasHapus
  30. Kak aku mau nanya, kalo pake ini nanti ada reaksi kaya di detox dulu gak kak??

    BalasHapus
  31. Kak apa setelah memakai cuka apel harus di bilas?

    BalasHapus
  32. Ka aku pngen yang botol gede ke gini. Belinya dmna ya

    BalasHapus
  33. harus dicampur sama air juga ya? terus apa bisa ngilangin milia juga ga ya itu? makasih

    BalasHapus
  34. Bakalan ketergantungan ga ?kalau wajah udh mulai ada perubahan trus mau berhenti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengetahuan saya wajah itu ibarat rumah kalau memang mau terawat ya dirawat contohnya di pel di sapu segala macem.. untuk wajah kita juga sama kalau udah bersih misalkan pake toner atau skincare apapun kalau memang udah cocok 1 ya lanjut aja selagi skincare itu cocok dan ngga merugikan.. sebetulnya bukan ketergantungan karna memang harus terawat aja.. kecuali dari awal memang dasarnya udah bersih dan niatnya hanya memperbaiki kulit yang rusak.

      Hapus
  35. Kak.. Kakak beli cuka apel nya dimana ya itu? Hehe

    BalasHapus
  36. Kak aku pake kok mata q agak pedih gt ya..

    BalasHapus
  37. Mau nanya dong, apa ini bisa ngilangin atau memudarkan flek hitam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab.

      Menurut pengalaman aku bisa. Tp semuanya balik lg tergantung sama kulit kamu. Cocok apa engga pake produk tsb.

      Hapus
  38. Kak pake cuka apel itu bisa ga sihh buat ngecilin pori pori yg terbuka lebar terus kalo pake sama kapas kering di bilas gak kak
    Trimksh

    BalasHapus
  39. Boleh gak bikin toner nya pake cuka apel yg kadaluarsa?

    BalasHapus
  40. brarti pake toner nya spray gitu ya? ga ditaro ditaro di kapas dulu?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer